~ t@ubat …1)*

~Pengajian rutin kami … yang dilaksanakan sejak lama pada setiap malam senin bagda magrib menjelang shalat isya di mushollah kami … kini sedang membahas hadist-hadist Rasulullah SAW.

Buku Riyadhus Shalihin Β terjemahan Drs. Muslich Shabir, MA … itulah yang kami pergunakan sebagai panduan, tiap jama’ah memiliki buku yang terdiri dari 2 jilid itu yang kami peroleh dengan membelinya lewat sang ustadz.

Dan sudah sebulan ini (4 x pertemuan) … Ustadz masih membahas tentang dasar-dasar taubat bersumberkan hadist yang sahih… yuk gan kita ikuti …Β  πŸ˜€

Sebelumnya ustadz kami … sudah menjelaskan tentang taubat.Β  “Para ulama mengatakan bahwa taubat dari perbuatan dosa adalah wajib. Apabila perbuatan dosa itu tidak menyangkut dengan sesama manusia maksudnya hanya antara seseorang dengan Allah SWT … maka harus memenuhi 3 syarat, yaitu : 1).menghentikan perbuatan dosa itu. 2). menyesal atas perbuatannya itu. 3). berketetapan hati untuk tidak mengulangi lagi perbuatan dosa itu selama-lamanya.”

“Apabila … tidak memenuhi 3 persyaratan itu maka tidak akan diterima taubat kita …” demikian ustadz menegaskan lebih lanjut.Β  ” Dan apabila perbuatan dosa itu menyangkut dengan sesama manuasia maka syaratnya bertambah 1 lagi … sehingga menjadi 4 persyaratan … yaitu, harus menyelesaikan urusannya itu kepada yang bersangkutan.”

“Jika itu … ada kaitannya dengan harta atau yang serupa … maka dia harus mengembalikannya. Jika itu ada kaitan dengan sumpah, tuduhan dan yang serupa … maka dia harus minta maaf. Dan jika ituΒ  ada kaitannya umpat-mengumpat… maka dia harus minta dihalalkan”.

“Seseorang yang berbuat dosa … harus segera bertaubat ustadz menekankan lagi … bila dia bertaubat hanya dari sebagian dosa saja … maka yang diampuni juga hanya sebagian dari dosanya saja dan dosa yang lain masih tetap ada … tidak diampuni oleh Allah SWT.” … Nauzubillahminzaliq

Itulah teman blogers …Β  kalau ada kesalahan saya baik langsung maupun tidak langsung selama berhubungan dalam perblogeran ini … dari hati yang tulus dan penuh harap … saya mohon maaf setinggi-tingginya dan sedalam-dalamnya. Atas kesediaan teman blogers memberikan maaf dan ampunan… semoga menjadi ataupun merupakan amal ibadah teman blogers disisi Allah SWT. Amin!

~0o0~

Jakarta (malam Jum’at),

24 Februari 2012

~0o0~

Iklan

12 responses to this post.

  1. saya juga mohon maaf ya mas @brus..

  2. kalo udah tobat terus ngelakuin dosa yang sma lagi dan tobat lagi apakah masih bisa diampuni tobat yang kedua?

  3. @ ~Amela~ : iya ~Mel … kini antara kita zero-zero ya πŸ˜€

    @ susu segar : InsyaAllah bisa … asal memenuhi syarat 3 + 1 itu tadi … dan sebelum wafat or matahari terbit dari arah barat … πŸ™‚

  4. Semoga kita masih sempat untuk bertaubat ya, Om…

  5. dhe juga minta maaf yaa om kalo ada salah.. tidak harus pas mo lebaran atau ramadhan saja kita maaf.. tapi selama kita sadar dan ingat, kapanpun harus minta maaf.. bener kan om?? πŸ˜€

  6. @ kakaakin : Aminn…
    iya kakaakin … terimakasih atas kesempatannya …
    πŸ˜€

    @ Dhenok Habibie : ya sama-sama Dhe πŸ˜‰
    bener banget … setiap ada kesempatan kita saling ber-ma’af2an …
    πŸ˜›

  7. Posted by tigasatu on Februari 27, 2012 at 12:14 pm

    om.. postingnya lagi malam jum’at yaaaaa…????

    saya juga minta maaf dah kalo ade saleh2 kate yeeee…:)

  8. aku kan berusaha. .. .

  9. Abruuus…trima kasih pencerahan dan ilmunya.
    Kalau tidak lewat posting ini, rasanya sulit buat saya untuk belajar ilmu agama. Bukan apa-apa, belajar itu biasanya kan lebih enak rame-rame…
    πŸ™‚

  10. Abrus, maaf ya baru bersilaturahmi lagi…biasa deh, alasannya suka banyak πŸ™‚
    Smoga Abrus selalu sehat dan sukses, plus kebun sawitnya juga semoga cepet berbuah…

  11. @ tigasatu : InsyaAllah … πŸ™‚

    @ susu segar : baguslah πŸ™‚

    @ bintangtimur : trima kasih kembali BintangTi … πŸ˜€
    Iya bu … pengajian kami itu rame-rame … jamaahnya juga rame sama para ‘abg.. mulai dari ‘angkatan babe gue, yg sudah jadi babe dan calon jadi babe … πŸ˜€

    @ bintangtimur : saya juga minta maaf ya bu … kalau ada salah2 komen πŸ˜›

  12. kunjungan malem yak. . . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: