~idul adha 1432 H …

Idul Adha tahun 1432 H … bertepatan pada hari Minggu, 6 Nopember 2011, bagi kami sekeluarga sangat berarti. Hal itu ditandai dengan tersedianya menu makanan dan minuman khas lebaran namun tidaklah ‘seheboh lebaran idul fitri.

Yukk lihat gan … πŸ˜€

Sabtu sore … (5 Nopember 2001) di meja makan telah tersedia ketupat dan sayur irisan buah pepaya muda dan opor ayam sebagai santapan buka puasa hari arafah. Memang seisi rumah … yang dewasa sih ya … aktif puasa hari itu. Meja makan menjadi sasaran tatapan bagiΒ  wajah-wajah yang ingin buka puasa.

Pesan ustadz kami … dalam pengajian minggu lalu : “Barangsiapa berpuasa pada hari itu puasanya akan menjadi tebusan bagi dosa setahun yang lalu dan setahun mendatang. Bacaan yang harus diamalkan mulai malam sebelumnya (sesudah Ashar..), bacanya : “Robbigfirlii warhamnii watub alayya ” 1.000 x

Pasangan menu diatas tadi pastilah ketupat … yang selalu setia menyediakan diri … yang disajikan untuk buka puasa di hari terakhir ibadah puasa menyambut datangnya hari raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban.

^0o0^

Minggu,Β  6 Nopember 2011 … pagi-pagi kami warga sekitar kompleks ikut berbondong-bondong melaksanakan shalat iedul adha berjamaah dilapangan parkir disebelah kompleks.

Pagi itu Sang Khotib … menyampaikan khotbah yang sangat menarik. Bahasan adalah tentang orang tua yang gagal mendidik anaknya. Sampai-sampai anaknya menjadi musuh sang ayah dikala tua, padahal sang ayah (ada yang) … bukan sembarang tokoh. Sang ayah dikantornya seorang pemimpin yang disegani atau komandan tentara yang ditakuti.

kambing sebagai hewan qurban

begitu juga Sapi Qurban … tiap 1 ekor dari 7 orang pengorbanan..

seekor sapi telah menjadi qurban hari itu …

“Hari Raya Idul Adha, barangsiapa menyembelih qurban pada hari itu, maka untuk tetes pertama yang mengalir dari tetes darah qurban itu, Allah mengampuni dosa-dosanya dan dosa anak keluarganya”.Β  Amalkan mulai malam sebelumnya (sesudah Ashar..), baca : “Al Kautsar 1.000 xΒ  … Lapaznya : “Inna a’thoinna kal kautsar, Fasholli lirobbika wanhar. Innasyaa ni aka huwal abtar”.

besar kecil laki perempuan warga kompleks ikut menyaksikan dengan ceria ..

Tidak ada hari-hari dimana Allah disembah, lebih disukai daripada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Puasa sehari didalamnya sama dengan puasa setahun, dan sholat di malam harinya sama dengan sholat di malam Lailatulqadqr” … demikian Ustadz kami menjelaskan diakhir pengajian tersebut.

Subhanallah … Ya Allah – Maha benar Engkau … kalau ada kesalahan dari tulisan ini, itu dari hamba Ya Allah … mohon diampuni !! …

^0o0^

Jakarta, 8 Nopember 2011

^0o0^

Iklan

17 responses to this post.

  1. ponakanku menangis tersedu2 ketika melihat seekor sapi yang telah diretas kepalanya, tapi kakinya masih bergerak2, sampai2 ketikadiberi jatah dagingnya, dia tidak berani menyentuh dagingnya, gemetar tubuhnya menahan emosi yang menjajah hatinya. semoga sih dia tidak trauma karena pemandangan yang dilihatnya.

  2. @ nique : hmmm … saya termangu membacanya πŸ˜‰
    semoga ponakanmu tidak trauma – salam πŸ˜€

  3. meeh :O kenapa sapinya yang udah disembelih difoto juga ==a
    adikku yang paling kecil gg makan daging sapi gara2 ngeliat waktu disembelih saat idul adha 😦 aku sih masih doyan banget daging sapi πŸ˜€

  4. Hoho… ngacay ngelihat foto pertama itu πŸ˜€
    Om ikutan berkurban gak?

  5. @ Tiara Putri : Ooo … Tiara gak suka sapi yang udah disembelih difoto?
    ok deh .. πŸ˜›

    @ kakaakin : !nsyaAllah begitu πŸ˜›

  6. Posted by Sayyidah 'Ali on November 10, 2011 at 4:32 am

    “menyampaikan khotbah yang sangat menarik. Bahasan adalah tentang orang tua yang gagal mendidik anaknya. Sampai-sampai anaknya menjadi musuh sang ayah dikala tua, padahal sang ayah (ada yang) … bukan sembarang tokoh. Sang ayah dikantornya seorang pemimpin yang disegani atau komandan tentara yang ditakuti.”
    sungguh ini mengingatkanku sbg orang tua, terimakasih…selamat hari raya Idul Adha

  7. @ Sayyidah ‘Ali : terimakasih kembali
    saya juga mengucapkan selamat hari raya Idul Adha:

  8. udah lama ga liat sapi disembelih.. padahal waktu kecil udah jadi acara tahunan.. ngeri-ngeri penasaran.. muka ditutup tapi ngintip di sela2 jari

  9. Alhamdulillah yah…
    semoga amal puasa kita diterima olehNya,aaminn

    πŸ™‚

  10. Abruuuussss, pas foto sapi yang bersimbah darah itu buru-buru saya scroll ke bawah… 😦

    Biarpun agak terlambat, saya mau ngucapin selamat Idul Adha boleh kan?
    Smoga keikhlasan berkurban Nabi Ibrahim AS menjadi teladan kita untuk ikhlas melakukan semua tugas dan tanggung jawab kita sebagai manusia.
    Amin.

  11. Hmmm…makanan lebaran dan ketupat itu boleh nyobain nggak ya?
    Apalagi bacanya pas jadwal makan siang begini…hehehe, bener-bener menggoda iman πŸ˜›

  12. Saya nggak ikutan puasa Abrus, cuman sholatnya aja…smoga dosa-dosa saya juga diampuni oleh Allah Swt. Amin.

  13. Semoga Allah menerima semua amal kita, puasa arafah dan juga qurban kita..
    btw, foto sapinya dramatis sekali…
    dan foto makanannya menggiurkan sekali, he he he

  14. @ ~Amela~ : hahaha … ngeri-ngeri penasaran.. πŸ˜›

    @ Mila : aminnn … πŸ˜€

  15. @ bintangtimur : iya tadinya foto sapi yang bersimbah darah itu tidak akan ditayang … tapi gambaran qurban kan ada darah .. πŸ˜‰

    Biar agak terlambat, namun komen ibu selalu saya tunggu2 πŸ˜‰
    Iya bu makanan lebaran dan ketupat itu selalu menjadi menu utama pas hari raya ‘ied
    Insyalah … walau nggak ikut puasa …smoga dosa-dosa kita diampuni oleh Allah Swt. Amin.

    @ Surya : Aminnnn Ya Rabb …

  16. Om, ada PR untuk Om.
    Jika berkenan, silakan dikerjakan πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: