~songket …

Kemaren kita terlena … oleh Kaka Akin dalam  giveaway Berbagi Cerita Tentang Sarung  Samarinda …lihat saja komennya … 😛

 kakaakin on September 12, 2011  … Om Abluuss memang mesti ikutan. Kan penggemar sarung sejati … Terima kasih sudah ikutan ‘Berbagi Cerita Tentang Sarung’ – Akan dicatat sebagai peserta :D

Saya jadi teringat akan kain songket

Ini kain sarung songket nya … 😛

Kain sarung songket tenunan menawan yang terkenal merata seluruh dunia.

Songket merupakan sejenis kain yang biasanya ditenun tangan, dan mempunyai corak rumit benang emas atau perak.

Perkataan songket bermaksud membawa keluar atau menarik benang daripada kain atau menenun menggunakan benang emas dan perak.

Yang membuat saya tertanya-tanya dalam hati … apakah kain songket ini (pics ini …) tenunan Palembang or Lampung …?

Kenapa demikian? … Karena … oh karena … kain ini hadiah dari salah seorang tante saya (istri om – adik sepupu dari bundaku tercinta) yang domisili di Lampung.

Seingat saya … kain songket Palembang terkenal sejak dulu, namun kain songket itu pemberian dari orang yang sedang tugas dan domisili di Bandar Lampung … 😀

Bagaimana menurut mu teman’s bloger? Pliss … 😛

^o0o^

Jakarta, 17 September 2011

^o0o^

Iklan

34 responses to this post.

  1. Saya bukan ahlinya songket, Abrus…jadi nggak tau deh ini songket Palembang atau Lampung…

    Setahu saya, songket memang sangat indah, selain terkesan mewah cara menenunnya juga ternyata susah…eh, bapak saya kan orang Minang, jadi yang pernah beli, cuman kain songket dari Minang aja 😉

  2. Hah?
    Komen pertama?
    Horeeeee…
    😛

  3. Satu lagi ah, siapa tau dapet hadiah kain songket dari Abrus… 😛

  4. kain songket emang bagus ya, kayaknya yang bikinnya telaten banget gitu ngerjain pake tangan dan alat tradisional, makanya jadi mahal ya 😀
    gg tau ini songket mana, ak malah baru tahu ada songket lampung, taunya ya dari palembang aja 😛

  5. @ bintangtimur : iyaa – ibu PERTAMAXXXX … 😀

    kain sarung songket itu ‘berat banget bu, beda sama kain sarung samarinda ‘ringan banget, yg sama dengan kain sarung merk atlas or gajah duduk – enteng banger… 😉 …karena berat gak pernah di pake … utk apaan tuh kain … hiks

    Oooo … ibu Bintangti ‘orang awak yang lama di rantau … klo almh ibu asal mana bu?
    yuhuii … ibu mau hadiah ‘songket … wah, terpaksa saya ikut bikin ‘kontes nih? … 😛

    @ Tiara Putri : iyaa – juga gitu … kata Wikipedia Bahasa dari rumah om gugel … itu songket palembang 😉 … tapi yg ngasih hadiah itu bilang ‘songket lampung… 😀

  6. ehm..mau namya nih…songket sama tapis sama ga? karena pernah dapat oleh2 kain seperti itu dan si pemberi bilang itu tapis lampung… beda istilah saja atau memang beda kain ya?

  7. Wah….cantik coraknya….songket itu hampir mirip lah ama tenun…apalagi yang tenun tangan atau pake alat konvensional itu…jadi rada kaku gitu dan kalau motong pun harus hati2 (karena dulu pernah bikin dress dari tenun)…

    Kalau udah ga suka boleh di kasih ke saya 😀

  8. kalo yang digambar, melihat dari coraknya sepertinya dari Lampung deh om (maybe).. kalo songket Palembang yang ditenun pake emas, harganya paling murah itu sekitar 2,5. kalo kata anak2 sih mah untuk asli songket apalagi pake emas, harga itu terbilang murah.

  9. Bingung juga nih, songket sebenarnya dari mana 😀
    Di Kaltim juga bikin kain songket dengan motif khas Kaltim 🙂

  10. @ mechta : waduhh … apa beda ‘songket sama tapis ..?
    Saya baru dengar ada ‘tapis tuh – itu ‘tapis lampung? …:P

    @ Pendar Bintang : iya banget … tenun ini ‘kaku banget dan berat 😉
    sista PB berminat? Ok saya catat ya … 😛

  11. @ Dhenok :: iya betul – si pemberi hadiah juga bilang itu “songket Lampung 😛

    @ kakaakin : rupanya tiap daerah ‘songket khas daerahnya masing2 … Nicee 😀

  12. Posted by sunflo on September 20, 2011 at 7:24 am

    abrus, apa kabar? 🙂

  13. @ sunflo : baikkkkkkkk … mbk gmn? tentu baik2 juga kan?
    gmn khabar si kecil – siapa namanya? sdh bisa apa? niceee … 😀
    mana URL nya ? 😛

  14. setiap daerah memang punya kekhasan sarungnya yah…sama dengan khasnya budaya dari masing-masing daerah…
    yang saya tahu songket itu mahal yah mas, lagipula itu kain sakral yah yang hanya bisa digunakan pada momen tertentu…
    salam

  15. Oh yeah, memang coraknya beda ya sama songket jawa. 🙂

  16. Posted by saiaah on September 23, 2011 at 10:39 am

    kain songket kan mahal pak, boleh ndak saiaah minta satu buat kenang2an… hehehe

  17. Kirim ke Surabaya selembar aja boleh kok abrus 😀

  18. klo di liat dr motifnya ini kain tenunan Lampung.. tapis lampung
    sekilas liat aja..hehe

    bener bang, songket itu dari Palembang.
    klo dr lampung itu namanya tapis.

    tp intinya sama menurutku, sama2 dr menenun.
    jd gak masalah klo tapis lampung di bilang songket. krna memang hampir sama.

  19. oh iya kegunaan tapis lampung ato songket ini adalah biasanya untuk acara adat, acara2 resmi gitu jg bisa, bisa jg buat kondangan.
    biasanya yg make perempuan, di padankan dengan kebaya, atau sulam usus khas lampung jg.

    berat itu karna bahan dasarnya kan emang tebel, blm lagi dr tenunan benang emasnya. tapis/songket itu gak boleh di cuci, cukup di lap atau di angin-anginkan aja. biar warna emasnya gak pudar.

  20. komen lagi ah 😀
    ini kain tapis lampung bang..

  21. @ saiaah : boleh aja … tapi boleh ‘pengasih orang 😀

    @ muamdisini : betul mas songket itu mahal harganya 🙂

    @ Asop : podo ya mas 🙂

    @ yuniarinukti : siapa takut 😀

    @ melly : woww … kerenn … dari komenmu jadi jelas ‘kain diatas 😉
    eniway bodohnya saya – punya ‘pacar … eh salah. …’teman dbloger asal Lampung kok gak nanya aja ke Bogor ya … hehehe 😛
    melly – thx alot yaaa 😆

  22. Saya tunggulah sarungnya…. *menopangdagu

  23. songket palembang ya? mahal… hehe.. dulu pernah nanya kisaran 700-1 juta-an. huhuu….mahalnyee….

  24. @ Pendar Bintang : dari pada *menopangdagu … bagaimana kalau kita buat *kontes aja dan songket itu sbg hadiahnya … hihihi 😛

    @ Ila Rizky Nidiana : iya – katanya harga segitu 😛

  25. Saya buta soal persongketan, nggak bisa sama sekali bedain mana songket Palembang dan mana songket Lampung.

    Ngebedain daun salam dan daun genjer aja saya suka salah, kok…. Untungnya masih bisa bedain suamiku ama suami tetangga. Kalo yang ini jga gak bisa, kiamat dah…!
    *maaf atas komentar gak jelas ini, Sobat @bruss* 😀

  26. @ Dewifatma : waduhh … untung masih bisa bedain suami dewe ama suami tetangga … yuhuiii … 😆
    klo tdk bisa … bisa2 saya – hmmmmmm … hahaha
    *maaf atas komentar gak jelas ini, Sobat Dewifatma* … seri kita yaa …
    😛

  27. Weiiitss, masih kain songket rupanya…
    *balik kanan maju jalan*
    😛

  28. @ bintangtimur : hahaha – rupanya ibu kita sudah pulang dari Surabaya … 😛

  29. wah saya nggak bisa bedain asal kain songket 😛
    tapi saya suka make kain songket buat bawahan kebaya, meski songketnya nyulik punya mama 😆
    salah satu impian nanti kalo udah kerja, udah punya duit sendiri, pengen koleksi songket deh…

  30. @ nicil : woww … keren nicil pengagum dan pengguna songket rupanya … 🙂
    moga2 impianmu tercapai – InsyaAllah. Amin!

  31. makan durian ya enak

  32. di Pontianak juga banyak songket, tapi saya nggak ngerti2 bangetlah perbedaannya seperti apa 🙂

  33. @ zendun : tos kita 😀 … tapi bukan bahas duren 😦
    salam selalu 😛

    @ honeylizious : iya kain batik banyak coraknya 😛

  34. Posted by dido zulkarnaein on April 18, 2012 at 1:42 pm

    maaf, saya luruskan yah :)…. kain diatas namanya kain tapis pucuk rebung, sangat berbeda sri kain songket, kain tapis itu pemngerjaannya 100% handmade dan menjalani 2 proses utama yaitu menenun kain dan menyulam / menempelkan sulaman benang emas,benang perak, benang sutra, kaca dan logam(biasanya uang logam/kuningan/perak), dan kain diatas hanyalah kain tapis biasa, harga kain tapis termurah mulai dari 1 juta sampai ratusan juta, seperti yang dikoleksi Ibu Ani Yudoyono yang berusia 200 tahun……

    kain tapis adalah sisa2 peradaban tua dari sumatera……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: