*ki@t tubuh tetap FIT di bulan pu@sa…

Tadi sore (31-7-2011) tv one sudah menyampaikan pengumuman bahwa 1 Ramadhan 1432 H jatuh pada 1 Agustus 2011 … artinya besok kita sudah mulai melaksanakan ibadah puasa.

Tadi pagi, saya membaca tulisan  fajarapFriday, July 29, 2011 7:09 PM WIT, yang memuat tentang – ‘kiat tubuh tetap di bulan puasa – yuk gan, kita ikuti copy paste-nya ... 🙂

Puasa dalam definisi Islam adalah menahan makan, minum dan hawa nafsu dari waktu imsak hingga maghrib tiba dengan niat ibadah kepada Allah SWT. Puasa Fardu Ain (puasa wajib) dilaksanakan selama bulan Ramadan yang berdurasi antara 29 hingga 30 hari.

Puasa paling tidak akan mengurangi asupan zat gizi, terutama kalori, sebanyak 20-30 persen. Namun dari aspek kesehatan, puasa ternyata memberi manfaat kesehatan terhadap tubuh. Di negara maju, puasa dijadikan sebagai salah satu upaya terapi beberapa penyakit degeneratif. Beberapa hasil penelitian ilmiah menunjukkan manfaat kesehatan puasa, antara lain dapat mengurangi resiko stroke.

Puasa juga dapat memperbaiki kolesterol darah. Kadar kolesterol darah yang tinggi secara jangka panjang akan menyumbat saluran pembuluh darah dalam bentuk aterosklerosis (pengapuran atau pengerasan pembuluh darah).

Namun, perlu diperhatikan pula asupan makanan selama puasa agar tubuh tetap fit. Berikut ini beberapa tips soal makanan selama Ramadan:

1. Berbukalah dengan teh manis hangat, air putih yang tidak dingin atau terlampau panas dan makanan manis. Misalnya dengan jus buah-buahan yang tidak asam, seperti semangka atau alpukat. Kurma sangat dianjurkan untuk berbuka puasa. Jangan berbuka dengan kopi atau minuman soda karena lambung Anda akan terasa perih.

2. Komposisi karbohidrat, protein dan sayuran harus pas, jangan pula terlalu banyak agar perut tidak terlalu kenyang.

3. Kurangi makanan yang berlemak dan berminyak.

4. Konsumsi buah-buahan dan sayuran.

5. Kunyah makanan perlahan-lahan. Pastikan makanan yang masuk ke dalam perut kita sudah dikunyah hingga halus sehingga kerja usus tidak terlalu berat.

6. Perbanyak minum air putih, setelah makan, sebelum sahur, sesudah sahur atau setelah salat Tarawih.

7. Berhentilah makan sebelum kenyang.

8. Lakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki. Waktu yang baik untuk berolahraga di bulan puasa adalah di sore hari, sekitar satu jam sebelum waktu berbuka. Lakukan selama 15-30 menit sebanyak dua sampai tiga kali sepekan… (Sumber: Republika)

^0^

pics dari rumah paman gugel

^0^

Iklan

13 responses to this post.

  1. jus alpuketnya kayaknya segeer banget ya 😛

  2. tapi beberapa malah tidak menyarankan untuk berbuka dengan teh manis. Alias tidak berbuka dengan yang berbahan gula. Karena yang dimaksud manis bukan gula tapi dari yang lain macam kurma atau buah.

  3. Wah tengkyu infonya oma @brus, sayangnya diriku sedang tidak berpuasa hari ini qiqiqiqiq

  4. Iya nih, selama puasa saya gak berani jogging berat (lari). 😀

  5. jus alpuket memang mantap buat buka, makasi ya sobat buat tipsnya ^_^

  6. Makasih ilmunya, insya Allah bermanfaat neh 🙂

  7. Mengatur pola sahur dan berbuka memang susah2 gampang. Paling sering bila kekenyangan pas buka puasa 😀 Jadinya kembung dan susah tarawihnya, hehe…

  8. uwenaaak kayaknya.. berrrrrrr.. jadi ngilerrr

  9. banyak tips untuk sahur dan berbuka, tapi saya mah dari dulu tetep setia sama air putih, malah engga pake yg manis2 😀 alhamdulillah sehat2 aja

  10. Jangan lupa makan buah segar (atau jus) dan madu saat sahur. 😀

  11. Tips-nya keren banget, Abruuuuus…
    Saya malah sudah menghapus jadwal olah raga selama bulan puasa. Bukan apa-apa, satu jam sebelum berbuka itu jadwal masak saya…jadiiii, gimana dong?
    Masa iya demi olah raga saya jadi nggak masak buat berbuka puasa orang-orang di rumah…hehe, lebay banget 😛

    Apa kabar. Abrus?
    Saya juga mau ngucapin selamat berpuasa, semoga berkah ramadhan senantiasa tercurah bagi kita semua.
    Amin.

  12. Weiiitts, belum ada posting baru…pulang lagi aja ah… 😉

    @brus : lg sibuk ngurus tajil … alasan.com 😀

  13. Walah sekarang puasanya tinggal 10 hari lagi, semoga aku masih diberi kesehatan dan kebugaran tubuh agar msih bia menjalani sisa puasa yang kurang sedikit lagi :mrgreen:

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: