^ris@l@h …

Teman’s …
Saya punya … sebuah ‘ris@l@h yang sangat menyentuh hati …
Ini dia rangkaiannya … 🙂

Sungguh, bila kau lepaskan kendali –
pandangan matamu kesegala penjuru,
~niscaya pd suatu hari pemandangan itu akan berpengaruh dlm hatimu.

Kau menatap segala kejadian,
yang kau sendiri tak mampu mengatasinya,
dan tidak juga dari sebahagiannya.
Kau mampu bersabar menghadapinya.
Kau nanti selamat atawa celaka … terpulang padamu!

***

Apa kandungan risalah itu? … Benarkah maksudnya agar kita harus menutup mata terhadap kejadian2 di sekitar kita?  Tapi kesannya kok malah negatif… maksudnya bukan ini pastinya …

Teman’s …
Saya tidak mampu … menelaah ris@l@h itu dalam kajian sederhana  …
Namun seorang d@iy@hyang nota bene seorang ‘ibu yang bijakmampu memberikan makna yang terkandung  didalamnya … yuk kita perhatikan : 😀

                                                                                       0^0
Bisa jadi demikian … namun intinya menundukkan pandangan seperti yang tertera dalam QS. Annur : 30-31 … kita memang dikasih mata buat melihat, bisa melihat apa saja kan??  Termasuk pemandangan yg nyeleneh gitu … itu yang bening2 or ijo2 … demikian s@ng d@iy@h … mengawali telaahnya … 😛
Nah … kita harus mensyukurinya, dengan cara melihat yang baik-baik… jangan mlototin yang haram untuk diliatin … pandangan merupakan salah satu pintu setan untuk menghunjamkan panah beracunnya ke hati kita … sok ajah kalau kita pas melihat  ceweq /cowoq cuakep-cuakep buanget-buanget  … langsung dech, hati kita jadi kesensem atau kepanah asmara …
Dari mana ... turunnya cinta dari mata turun ke hati… yaa kalau cintanya diterima, kalau bertepuk sebelah tangan, atau nepuk-nepuk sendiri ke awang2… malah bakalan jadi puyeng 7 keliling dah …  iya kan?
                                                                                     0^0
Nah, bait yg kedua… maksudnya… terkadang dari pandangan itu akan membekas di dalam hati, kita akan tersiksa dengan cinta yg tak bisa diungkapkan pada si dia … demam cinta, deritanya tiada tara . . . Itu pepatahku –  terkadang ada orang yang tidak kuat ngadepinnya, sehingga berbuat nekat, akhirnya bunuh diri karena cinta … amitz2 dech…
                                                                                    0^0
Terkadang pula …  ada yang kuat dan bersabar untuk mengusir rasa itu dari hatinya, karena sudah gak ada harapan sih … (hehehe …  misalnya yanng  jadi gebetan kok malah istri orla…). Nah… bersabar seperti ini, menepis rasa ini jauh2 adalah sikap yang baik dan ksatria…semuanya berawal dari pandangan mata… dari mata turun ke hati gto lho …     Ujung-ujungnya … hati jadi tersiksa, makanya kita diperintahkan untuk menundukkan pandangan, bukan malah melototinnya … hahaha …
                                                                                  0^0
Begitcu Brus, pendapatku (kata daiyah … demikian saya menyebutnya… 😛
                                                                                  0^0
Teman’s ... demikian bahasannya … bagaimana menurut hematmu? Piisss …
                                                                                 ***
PS : pics dari rumah om gugel …
                                                                                ***
Iklan

24 responses to this post.

  1. Ngambil pertamax dulu 😀

  2. Setuju banget nih, @brus…
    Biasanya kan kalo ngelihat sesuatu, langsung nyetrum ke hati 😀
    So, jangan jelalatan deh… 🙂

  3. @kin … Pertamaaxxx
    *masih mahalkan di Samarinda?

  4. Hmm … tante @kin pinter deh *nyetlum nyentil hati om @bluss … gitu kata Kayla? hihihi … idihhh BibiTi kemana yak?

  5. makanya mata jangan jelalatan, kalau udah liat sekali ya udah jangan dipelototin terus, gitu ya brus?

  6. Walah, saya gak pandai mengartikan “risalah” yang seperti puisi ini… 😎

  7. Istri orla…isteri orde lama maksudnya?
    Hehehehe 😛

    Abrus, ternyata bukan hanya ucapan yang harus dijaga, tapi pandangan juga. Mulai sekarang, saya juga mau hati-hati melirik sana sini, daripada celaka di kemudian hari…naudzubillah min dzalik…

    Tok, tok, tok, selamat menikmati hari Minggu ya!

  8. hmmm … biar gak jelalatan pasang kacamata kuda … 😛

  9. Asop … sama kita … 😛

  10. istri orla … bukan istri orde lama? hihihi … istri orang lain 😆 …
    gila aja klo sampe naksir ’emak2 … eh, bisa aja ya?
    tapiii – si emaknya sexyyyy kyk ‘gitar spanyol … 😛

    sama2 BintangTi … be happy 😛

  11. sepakat dengan makna risalahnya….
    menundukkan pandangan dari hal2 yg tak pantas untuk dipandang.. 😀
    bukan berarti menutup mata terhadap segala hal yg ada disekitar kita..

  12. Klo aq sih bolehlah memandang segalanya asal yang dipandang itu.. ehem.. Bao Chun Lai haha.. ngguanteng poll…

  13. funnie … samalah pendapat kita … *toss…*

  14. Bao Chun Lai..? siapa cih dia … *ngiri.com* … haha.. 😛

  15. boleh memandang tp jgn berfikir yg nggak2 ya bang? 😀

  16. Boleh aja kan rejeki :mrgreen:

    yang penting gak mikir aneh2 yo wes lah….orang jatuh cinta itu punay spot sendiri lho…gak semua yg bening2 bikin jatuh hati…bis ajadi pas kita denger suaranya bicara tentang suatau kejadian (memberikan opini) kita langsung leleh… (masalahnya saya gak pernah jatuh cinat karena pandangan, he he he) biasanya lewat tulisan dan perbuatan 🙂

  17. Artikel yang menarik. Salam http://fis.uii.ac.id/

  18. Bunuh diri karena cinta? Kayaknya enggak deh. Cari jalan lain aja…

  19. habis yg haram biasanya enak dipelototin, hehehehe, nice article..

    Salam,,

  20. bang abruuss..
    mampir keblogku dong, bantuin vote biar menang 😀 kampanye keberuntungan 😀

  21. klo menurut saya, mungkin maksudx “segala sesuatu itu tergantung pada kita, mau melakukan yg baik atau yg buruk, kalau yang baik niscaya baik pula lah prilaku dan hati kita, kalo yg buruk siap gk kita nerima ganjarannya..mungkin begitu..

  22. ternyata, dalam juga maknanya. Sekilas membaca, saya belum ngeh kalo nilainya begitu mulia

  23. menundukkan pandangan, karena saat memandang dengan takjub setan akan berbisik aneh….terbesit di hati lalu berujung pada niat dan tindakan! Semoga kita senantiasa menjadi orang yang selalu menundukkan pandangan….

    Salam,

    Seru jadi Guru 🙂

  24. hayooo…om @brus udah jaga mata belooom? hihihi *kabuuuur*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: