3P’-Cium@n..?!

Kok judulnya  “3P’…Cium@n” sih? …
iya … mo ngebahas ciuman … 😉 … malu2in gak ya?
Itu … singkatan dari … tiga zat perangsang ciuman. 😛

Dari mana seseorang mempunyai hasrat untuk ciuman?…demikian Nurul Ulfah bertanya dalam – detikHealth, pada postingan…”Ciuman Hilangkan Stres … membaca ini saya jadi tertarik sangat dehhidup di Jakarta banyak sutrisnya – cari bacaan selingan indah apa salahnya  😉 … hahaha

Ada 3 zat alami yang berperan : 1. dorongan seks yang dipengaruhi testosteron. 2. perasaan cinta yang dipengaruhi dopamin, 3. hormon-hormon yang membuat perasaan senang seperti oxytocin.

Satu hal yang menarik tentang ciuman, adalah kita tidak perlu berpikir ketika berciuman. Cukup tutup mata dan biarkan zat-zat alami dalam tubuh bekerja sesuai fungsinya dan stres pun hilang, … demikian menurut Nurul Ulfah

Hmm … tulisan si Nurul  saya diskusikan dengan seorang teman … si doi tertarik tapi masih dalam sikap malu-malu …  “Hiks…ciuman ya… malu ah” … demikiankata si doi – tatkala ditanyakan perihal ciuman ini padanya. Namun dia tergelitik juga dan balik bertanya “klo pas french-kiss gitu berapa banyak ya kadar 3 zat itu???”

***

3 zat perangsang ciuman – zat alami dalam tubuh kita  yaitu testosteron, dopamin dan oxytocin)… zat pendorong ciuman yang nota bene adalah zat alami yang otomatis timbul dalam tubuh kita tatkala ciuman… zat inilah yang akan kita ulas kali ini… (data-data dari penyelusuran berasal dari Gogle …plus pengalaman dilapangan bidang kefarmasian sehari-hari …)

1. Testosteron (yang mempengaruhi dorongan seks) adalah hormon yang dihasilkan oleh testis pada jantan (laki-laki) dan indung telur pada betina (perempuan), hormon ini merupakan hormon seks utama dan merupakan steroid anabolik, baik pada jantan maupun betina, testoren memegang peranan penting bagi fungsi energi dan libido.
(Dalam kefarmasian Testosteron tersedia dalam bentuk obat oral dari macam2 merk dengan indikasi penambah hormon).

2. Dopamin (yang mempengaruhi perasaan cinta) adalah suatu senyawa di otak yang berperan dalam sistem keinginan dan kesenangan sehingga meningkatkan rasa senang. Pasangan yang baru saja “jadian” level neurotransmiter di otaknya dengan suatu alat pencitraan, dan menemukan tingginya kadar dopamin pada otak mereka.

Kadar dopamin yang tinggi di otak diduga yang menyebabkan energi yang meluap-luap, perhatian yang terfokus serta perasaan senang yang indah terhadap berbagai hal kecil pada hubungan cinta mereka…. juga merupakan neurotransmiter yang menyebabkan adiksi… termasuk adiksi dalam cinta.
(Dalam kefarmasian dopamin tersedia dalam bentuk obat suntikan dari macam2 merk dengan indikasi masuk golongan obat jantung).

3. Oxytocin (hormon yang membuat perasaan senang)…hormon misteri… Mengapa kita kadang mudah percaya? Percaya atau tidak, sebal atau tidak, ini pengaruh hormon oxytocin. Pada mamalia non-manusia, hormon ini dikaitkan dengan kelekatan sosial, termasuk fungsi fisiologis yang berkait dengan reproduksi. Jelas, hormon ini membantu manusia mengatasi kecenderungan untuk berjauhan, dan memungkinkan manusia lain melakukan pendekatan.

(Dalam kefarmasian Oxytocin tersedia dalam bentuk obat suntikan dari macam2 merk dengan indikasi masuk golongan obat stimulasi persalinan/melahirkan).

***

Adakah  3 zat perangsang ciuman – zat alami dalam tubuh kita … muncul dan berfungsi tatkala para pencinta on line or narablog melakukan ciuman maya…?   Atau ‘kissing by phone? … hehehe … 😆 … Entah iya … Entah tidak … Entahlah..?!

***
PS : pics dari rumah om gugel
***


Iklan

30 responses to this post.

  1. Oh…. ternyata…
    saya sempat bingung juga baca judul 4l4y ini…
    Saya pikir bacanya “ep ciuman”. Angkat 3 saya baca sebagai “e”. :mrgreen:

  2. Hahaha … kang asop bisa ajahh … 😛

  3. ya saya udah ngerasain dengan istri dan tittttt *sensor*. apalagi pas ada masalah. berasa banget ngefeknya

  4. Posted by miyosi on Mei 17, 2011 at 12:21 pm

    wahhhh 😀

  5. nah saya mah bingung kok disingkatnya jadi 3P ?
    sensasi coklat yang lumer di mulut katanya bisa mempengaruhi kerja jantung melebihi saat ciuman loh *hhahha gg nyambung*

  6. baru tahu kan? 😛

  7. Hohoho …kan dah ngaku “tiga zat … (P=perangsang)

    Ooo ..begitcuu ya sensasi coklat di mulut .. 😉
    truss kok katanya sihhh? buktiin dunk hohoho …
    btw *TUMBEN gg nyambung* 😆

  8. Waaah…. jadi speechless he he he

  9. ya iya … moso pake teriak .. hihihi 😛

  10. ouh? ealah baru tau ada 3 zat ituh 😀
    selama ini kemana aja ya hahaaha

  11. iya … 😉 … kita gak sadar ya? 😛

  12. yang pasti ngelakuinnya jgn ama pacar, tp ama suami..pasti berpahala..hehehe

  13. se7 banget … klo cow ama istri 😉
    gitukan amisha? 😀

  14. Abruuuus, baru tau nama zat-zat itu dari posting ini…hehe, ternyata ada ya, susah pula nyebutinnya apalagi nginget-ngingetnya 😉

    Ehm, jadi curiga nih, jangan-jangan Abrus punya rencana rahasia, udah 2 posting terakhir ini isinya tentang ‘bahasa tubuh’ melulu soalnya… 😛

  15. Titip absen dulu ya bang ablus 😀
    mau pulang nih, besok dibaca lagi.
    bye 😛

  16. Assalamu’alaikum…gimana kabarnya kang Abrus? moga baik-baik aja ya. Dah lama tak bersilaturahim, maklum kuli kang..enggak keburu ngeblog + blogwalking. Wah tulisannya untuk 17 tahun ke atas ya kang? Komen enggak ya? Jempol untuk postingan Kang Abrus…jadi tambah ilmuku…alhamdulillah…Salam.

  17. Ciuman oh ciuman !! ayaaaaa yaaaaa hanya bisa bayangin aja deh

  18. lhooooo…
    kenapa tiba tiba membahas iniiiii??? *langsung curiga*

    ya kalo ciuman emang jangan pake mikir laaah…
    emang lagi ngerjain ujian sekolah…hihihi…

  19. curiga boleh n sah2 saja 🙂
    tetapi nuduh jangan ya … hehehe 😛

  20. huum … ayak-ayak wae … 😀

  21. kabar baik kang makna … kuli kang? sama kang saya juga kuli … kuli bermakna seperti ‘kang makna hidup 😛
    syukurlah – salam

  22. Owh … gak papa mell … besok benar ya … awas aja, klo gak datang tak samperin ke kantormu … hehehe 😛

  23. hahaha … bu bintangti … gagap klo nyebut nama zat itu …
    gak ada rencana pake rahasia … semua open book 😛

  24. abrus, udah beneran balik lagi nih……? Nggak komen dulu ah

  25. hahai., saya msh nunggu yg halal 😀
    tp kalo nama zat2 itu sih lumayan familiar 🙂

  26. Ah ga mikir zat-zat itu, yang penting enak.. haha….

    Abru-abrus.. klo posting ada-ada aja, jangan mancing-mancing sesuatu yang mudah terpancing ah.. 😛

  27. halah (halah meneh iki komene) 😆

  28. Posted by mamawildan on Mei 21, 2011 at 4:53 am

    hi….. salam kenal yah.awal aku membaca wah ini sepertinya cerita panas but…. ha….. ada2 aja

  29. ora opo-opooo mal 🙂

  30. maaf mbak … hanya guyonan aja 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: