^puting susu bayi …

Sadarkah kita … bahwa ‘rezeki yang pertama kita nikmati tatkala lahir didunia ini adalah air susu ibu (ASI) … air mustajab dari payudara bunda tercinta …

Entah bagaimana caranya kita dapat membalasnya …
Namun yang pasti kita tidak akan mampu membalasnya.
Jangan terjadi air susu dibalas dengan air tuba … Nauzubillahminzaliq …  😦

ASI… air susu ibu adalah “suplemen” bayi yang paling ekslusif, super kaya kandungan, mulai dari gizi, multi-vitamin-mineral, sampai “antibodi” komplit. Karena itu fungsinya juga komplit, mulai dari memenuhi kebutuhan gizi, vitamin dan antibodi bayi dalam melindungi dari kemungkinan serangan penyakit.

ASI tidak tertandingi “mutu”nya oleh pabrik susu bubuk atau cair manapun.
ASI tidak akan pernah basi sepanjang masih berada dalam “pabrik”nya.
Ada anekdot … “anak ibu timbangannya kurang ya?
Habis sih, di sapih susu kaleng!
Atau, “anak sekarang bandel ya, suka tawuran …
Habis sih, di kasih susu sapi! …
Hmmm, apa iya karena di kasih susu binatang perilakunya jadi liar?
Entahlah, namun pada dasarnya bayi perlu menu tambahan.

***

Kiat menyusui … perlu di siasati, seperti seringkali sang ibu yang pertama mulai menyusui, salah posisi. Karena belum berpengalaman terjadi gesekan antara gusi bayi dengan puting susu ibu. Timbul rasa nyeri atau bahkan iritasi pada puting susu ibu. Terkadang si ibu merasakan sedut…sedut, walau sakit tetapi sakit penuh kebahagiaan seorang ibu.

Cara menangani iritasi pada puting payudara :
1. Setiap akan dan sesudah menyusui, kompres puting susu ibu dengan bola kapas yang sudah dibasahi air hangat.
2. Gunakan kain halus untuk mengeringkan puting susu ibu yang sudah dikompres.
3. Jagalah kebersihan di sekitar puting susu ibu agar tetap sehat dan terhindar dari organisme yang merugikan.

Cara mengatasi ruam pada kulit bayi :
1. Ganti popok bayi segera setelah buang air kecil.
2. Sewaktu mengganti popok, bersihkan kulit secara lembut dengan air, gunakan sabun bayi setelah buang air besar, lalu bilas sampai bersih.
3. Setelah kering pakaikan popok kembali, aman dan nyaman untuk melindungi kulit dari gesekan.
4. Popok kain : Pilihlah yang higroskopis (mudah menyerap air) dari bahan katun.
5. Popok disposable : Pilihlah yang mempunyai daya serap tinggi.

***

Sungguh menakjubkan dan alangkah sempurnanya Sang Maha Pencipta … wanita itu akan merasa lebih komplit sebagai seorang perempuan, manakala ia telah menjadi seorang Istri yang bisa menyusui putra/putri yang lahir dari rahimnya sendiri.

Tidak ada salahnya … kalau kita ingin lebih mengetahui … *RahasiaPayudara.Com …
yang membahas  pabrik ASI yang spektakuler itu … klik aja :

www.RahasiaPayudara.com/?id=abrus

-o0o-

PS : tulisan ini daurulang dari @brus blogdetik.com

-o0o-

Iklan

16 responses to this post.

  1. hhohho lucu deh kalimat “apa iya karena di kasih susu binatang perilakunya jadi liar?” . saya ASIters loh *maksudnya minum ASI*

  2. siap dicopas, buat nanti klo udah punya baby 😀

  3. Tiara … kamu pertmaxx … apa hadiahnya ya?
    truss … apa iya ya 😉 aku percaya … kamu ASIters sejati … cerminannya dari gaya ‘menulis-mu ‘rada2 liar … hahaha … canda.com … 😛

  4. plissssssss niQue … ntar pada acara ‘salapanan’ babynya jangan lupa undang2 ya … hehehe … 😛

  5. Kasihan banget ibu2 yang air susunya gak keluar… 😦

  6. hehe… blognya unik, pak. tulisannya selain lucu-lucu, juga menginspirasi.

  7. Posted by mala on Mei 16, 2011 at 2:04 pm

    oke. akan jadi pelajaran nanti kalo saya punya bayi 😉

  8. Kakaakin… ada yg kyk gitu? 😦

  9. ooo gitu ya … makasih pak atas atensinya … 😛

  10. mala se7 banget … sipp … 🙂

  11. Wah, Abrus hebat, informasinya tentang ASI lengkap banget lo…saya jadi merasa deja vu ke masa berpuluh tahun lalu… 😀

    *maaf, maaf, baru berkunjung lagi nih, biasa, kalo liburan dan semua kumpul di rumah, waktu jadi penuh dengan rute dapur, ruang TV dan kamar tidur*
    😛

  12. Percaya deh, dulu @brus selalu minum ASI kok, sudah kliatan klo @brus lebih sayang Ibu dari pada sayang sama sapi haha…

  13. Posted by mamawildan on Mei 21, 2011 at 9:13 am

    bersyukurlah buat para ibu yg selalu menikmati faitrahnya sbg ibu…
    salam kenal y…..

  14. ooo … begitu ya bu … gak pa2 lagi – yg penting ibu happy 😛

  15. ya iyalah … berkat ASI – saya anti ‘tawuran … hehehe 😛

  16. Amin …
    salam kenal kembali 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: