m@cet vs stress…

Teman’s … si @brus …

*si anak hilang telah datang …  hiks … 😦

Kembali ke Jakartasetelah *libur panjang di kota kecil

ya … setelah sejenak domisili   😛  di kampoeng halaman.

Segar rasanya hati … setelah menjalani ‘rutinitas kehidupan di kota kelahiran dan sekaligus juga dapat melepas kerinduan kepada sanak keluarga tercinta dan teman-teman sepermainan semasa kecil.

~o0o~

Hari ini tiba kembali … akan menjalani kehidupan rutin di habitat lama … kota Jakarta dan mulai juga ‘ngeblog kembali … hehehe …

Hmm … keluar dari terminal bandara Cengkareng …

dan melewati patung Soekarno Hatta …

kemudian menuju pintu tol bandara … meniti  “jalan anti banjir … melaju arah Jakarta …

Namun sayang … baru saja 5 menitan meninggalkan pintu tol … disambut oleh antrian panjang kendaraan yang  … ‘berbaris acak2an di jalan panjang bernama “jalan bebas hambatan … ironisnya … malah penuh hambatan dan itupun harus bayar … 😦 … hiks

semakin masuk ke kota Jakarta … macet semakin parah, ada apa ya?

Rupa2nya 1 mei 2011 jatuh pada hari ini … kaum buruh turun ke jalan …

kemacetan di jalanan semakin parah … 😦

Ada benarnya bait lagu … siapa suruh datang Jakarta …
Jakarta macet begini … tiada hari tanpa kemacetan …

~o0o~

Melihat jalanan macet kayak begitu … nyali jadi ciut juga …ingatan melayang ke kampoeng halaman yang tenang dan menyenangkan walau agak sunyi dibandingkan hiruk-pikuk seperti di ibu kota ini.

Kembali deh … suasana hati menjadi galauw …

Akankah ikutan stress karena jalanan macet … cet …

Ups … tunggu dulu saya punya antinya

selain kesabaran dipertinggi … ada kiat lain … lihat yukk … 🙂

Agar perjalanan pulang … tetap menyenangkan, stress selama kemacetan perlu dihadapi dengan cara jitu.

Kiat-kiat jitu yang bisa …
dilakukan selama dan sesudah perjalanan …
ini solusinya, yaitu sbb : …  😆

1). mengangkat bahu ... sambil menarik napas, angkat bahu dengan lambat sampai mendekati telinga , kemudian dorong bahu ke arah belakang, sambil mengeluarkan napas turunkan hingga membentuk gerakan memutar. Ulangi 2 – 3 kali.

2). tertawalah … untuk menstimulasi agar bisa tertawa, ajaklah teman dala kendaraan untuk bermain tebak-tebakan atau mendengarkan cerita-cerita humor dari radio. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tertawa bisa mengurangi beban pikiran dan mengurangi tingkat stress.

3). dengarkan musik … dengarkan musik favorit, bisa juga sambil berkaraoke. mendengarkan musik ceria dengan beat/ketukan 70-80 per menit, bisa mengurangi detak jantung, tekanan darah rasa sakit dan meredakan emosi.

4). makan cemilan pavourit …pilih dan siapkan cemilan yang sehat, disaat bosan menghadapi kemacetan, makan cemilan dapat membantu menenangkan pikiran.

5). lihat pemandangan … tengoklah keluar jendela dan lihat pemandangan sepanjang jalur hijau, atau perhatikan detail arsitektur bangunan-bangunan yang ada disekitar.

Itulah kiat-kiat … yang bisa mengatasi rasa bosan sepanjang jalan raya yang macet … 😛

***

PS : dikutip dari majalah Living Life

jakarta, 01 mei 2011

***

Iklan

28 responses to this post.

  1. Teman’s,
    maaf, saya tampil dgn blog sederhana … 😛
    lanjutan dari blog :
    http://abrus.blogdetik.com/2010/08/10/mutasi/
    makasih … 🙂

  2. yes! om ablus is back!

    seneng ketemu lagi mas, teteplah ngeblog apapun hambatannya *maksa*

    btw, soal macet apalagi kalo yang sampe berjam-jam, tips nya bisa ditambah lagi nggak, baca-baca. soalnya saya begitu kalo pas lagi kena macet di Porong (jalur lumpur Lapindo itu) 😀

  3. tips nya OK, cuma klo lagi dikejar2 sesuatu agar harus tiba di kantor tepat waktu, apakah tips2 itu berlaku? 😀

    soal baca2 di kendaraan, ada orang yang malah jadi pusing lho 🙂

    so, selamat bermacet2 ya, semoga selamat sampai di tujuan!

    Happy Monday!

  4. @Brus…
    kemana aja.. datang-datang kok pindah rumah, rumah yang kemaren knp, kesempitan? 😛

  5. @Brus.. Selamat hadir lagi di dunia perbloggeran,
    jangan ngilang lagi lho ya 😛

  6. Wah lama-lama jadi males datang ke Jakarta, macetnya bikin pusing, mending di Surabaya nyaman, semacet-macetnya masih bisa di urai hehe…

  7. yess Mala, saya kembali ke habitat lama 😛

    Owh Mala suka ke Lapindo …
    baca-baca dlm mobil ada yg pusing lho … 🙂

  8. niQe, klo dikejar waktu … tentu jadi repot dan gelisah melawan kemacetan lalu lintas yang padat …
    asak gak sutris aza deh … 😛

  9. mbak YC, aq ‘terpaksa pindah rumah … hikss
    karena rumah lama hilang ‘kuncinya … 😦

  10. makasih mbak YC … 🙂 saya gak ngilang kok,
    cuman jaringan inet ora ono … hehehe 😆

  11. Mampir tuk menyapamu…
    Apa kabar?

  12. Kakaakin … makasih ya …
    kabar baik … moga2 qamu juga begitu .. 😛

  13. iya YC 😀
    tuwh kan … YC aja gak berani datang Jkt … hahaha

  14. bang abruuuuuuussssssss

  15. mellyyyyyyyyyyyyyy … hehehe … 😛

    melly, gimana ‘kesehatannya … semoga selalu yg terbaik!

  16. Om Abluuuuus…
    kemane ajeeeeee….

    jangan jangan rumahnya yang di detik udah digusur yeeee…hihihi…

  17. ah macet mah emang dimana

  18. maap…kepencet Fathiiiir…
    macet mah dimana mana mas…di Bandung juga sama…
    kiat menghadapi macet adalah…
    sering sering lah nongkrong di rumah 🙂

  19. iyaaaaaaa … kayla n fathir manaaaaa? 😛

    BibiTi … ‘rumah itu bukan di gusur tapi pintunya gak bisa di buka … 😦

  20. Ooo gitu ya … harus sering ‘nangkring di rumah?
    saya lagi ‘kaulan nich … jalannnnn terusssss …
    lagi puas2in bermacet riaa … hehehe 😛

  21. Abruuuuuuus….
    Selamat datang lagi!
    Hehehe, senengnya nggak ketulungan nih baca tulisan Abrus yang seger, yang apa adanya, yang berhasil bikin saya ketawa-ketawa sendiri 😀

    Eh, ah…Jakarta memang selalu macet, coba deh datang ke Garut, aman damai tanpa macet berlebihan 😉

  22. BintangTi … saya sudah 3 hari 3 malam begadang nungguin komenmu … akhirnya BintangTi datang juga … woww … senengnya … 😀
    Ooo sekarang di Garut tho … pasti sdh jadi ‘raja kecil dunk … selamat … selamat … 😛

  23. Begitulah kota, di kotaku jg sama. Macetnya, panasnya…masya Allah….

  24. Iya bener … kota besar ‘masalahnya besar juga 😛

  25. jakarta oh jakarta, saya sudah tak tinggal di jakarta..
    salam

  26. Namanya juga Jakarta… 😦

  27. Posted by Addyska on Januari 16, 2014 at 8:59 am

    untng udh kgk tinggal di jkrta 😀

    #Bersyukur

  28. Alhamdulillah – Wasyukurillah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: